Pemasar, menurut
Kotler (1997) adalah seseorang yang mencari sumber daya dari orang lain dan
bersedia menawarkan sesuatu sebagai imbalannya. Dengan demikian, seorang
pemasar mengharapkan tanggapan dari pihak lain, apakah dalam bentuk menjual
atau membeli. Dengan kata lain, pemasar dapat menjadi penjual atau pembeli.
Oleh karena itu, pemasar pertanian dapat diartikan sebagai seseorang yang
mencari barang input dan output serta jasa
pada bidang pertanian dengan menwarkan sesuatu yang bernilai sebagai imbalannya.
Sedangkan
pengerian pemasaran adalah sejumlah kegiatan bisnis yang ditujukan untuk memeberi kepuasan dari
barang atau jasa yang dipertukarkan kepada konsumen atau pemakai (Kotler,
1997). Definisi tersebut sangat tepat untuk dijadikan dasar dalam
mendefinisikan istilah pemasaran pertanian karena pengertian tersebut dapat
mencakup perpindahan barang atau jasa mulai dari subsistem pengadaan penyaluran input pertanian, produsen hasil
pertanian, agroindustri, pedagang pengumpul, pengecer, dan lembaga-lembaga
perantara dan pemakai lainnya. Dengan demikian, pemasaran pemasaran
pertaniandapat didefinisikan sebagai sejumlah kegiatan bisnis yang ditujukan
untuk member kepuasan dari barang atau jasa yang dipertukarkan kepada konsumen
atau pemakai dalam bidang pertanian, baik input maupun
produk pertanian.
No comments:
Post a Comment