Tuesday, February 5, 2013

Sekilas Teori Pemasaran


Pemasar, menurut Kotler (1997) adalah seseorang yang mencari sumber daya dari orang lain dan bersedia menawarkan sesuatu sebagai imbalannya. Dengan demikian, seorang pemasar mengharapkan tanggapan dari pihak lain, apakah dalam bentuk menjual atau membeli. Dengan kata lain, pemasar dapat menjadi penjual atau pembeli. Oleh karena itu, pemasar pertanian dapat diartikan sebagai seseorang yang mencari barang input dan output serta jasa pada bidang pertanian dengan menwarkan sesuatu yang bernilai sebagai imbalannya.

Sedangkan pengerian pemasaran adalah sejumlah kegiatan bisnis yang ditujukan untuk memeberi kepuasan dari barang atau jasa yang dipertukarkan kepada konsumen atau pemakai (Kotler, 1997). Definisi tersebut sangat tepat untuk dijadikan dasar dalam mendefinisikan istilah pemasaran pertanian karena pengertian tersebut dapat mencakup perpindahan barang atau jasa mulai dari subsistem pengadaan penyaluran input pertanian, produsen hasil pertanian, agroindustri, pedagang pengumpul, pengecer, dan lembaga-lembaga perantara dan pemakai lainnya. Dengan demikian, pemasaran pemasaran pertaniandapat didefinisikan sebagai sejumlah kegiatan bisnis yang ditujukan untuk member kepuasan dari barang atau jasa yang dipertukarkan kepada konsumen atau pemakai dalam bidang pertanian, baik input maupun produk pertanian.

No comments:

Post a Comment